Senin, 26 Maret 2012

Pengalamanku Yang Sangat Berharga

Hari Senin,26 Maret 2012
Aku mengikuti ujian Balon Kep sek ,niatku adalah untuk mencari pengalaman dan sebagai uji nyali untuk mengetahui sampai dimana kemampuanku tentang kepemimpinan.Aku dengan ikhlas mengikuti tes demi tes yang diselenggarakan mulai dari tes tertulis yang membuatku pusing tujuh keliling karena kurang mempersiapkan diri,hanya mengandalkan pengetahuan yang tersedia di memoriku yang mulai error,disamping menyelesaikan soal-soal juga disuruh membuat RPP dan Studi Kasus yang dakir alias mendadak mikir,aduh payah deh.

Selain tes tertulis ada serangkaian tes yang panjang ,diantaranya; pidato,kepribadian,wawancara,komputer dll,seru juga nih pengalamanku,ternyata untuk saat ini menjadi seorang pemimpin lumayan sulit, karena betul-betul dituntut  mempunyai kompetensi yang betul-betul terkuasai dalam segala hal yang menyangkut kepemimpinan termasuk penyelesaian masalah-masalah yang dihadapi dalam proses pelaksaan kepemimpinan di sekolah.
Aku sangat setuju dengan program tes semacam ini karena pemerintah berarti  menginginkan seorang pemimpin yang betul-betul tanggung jawab serta memiliki keterampilan dalam semua hal untuk memajukan kualitas pendidikan di negara kita ini, bukan pemimpin asal pemimpin yang hanya bisa menyuruh sementara dia hanya duduk manis tanpa melakukan apapun.

Peranan seorang pemimpin sangat berpengaruh pada keberhasilan pencapaian tujuan pendidikan.pemimpin yang diharapkan adalah pemimpin yang mampu memotivasi bawahannya untuk bekerja dengan penuh tanggung jawab,mempersatukan bawahannya layaknya keluarga yang harmonis,menciptakan lingkungan kerja yang nyaman,dapat menyelesaikan masalah dengan bijak dan penuh tanggung jawab,karena bila semua itu tercipta pencapaian tujuan akan mudah diraih Insya Allah.
Pencarian bibit pemimpin yang propesional mulai dilaksanakan di lingkungan pendidikan,ini menandakan bahwa  penanganan pendidikan anak Bangsa sebagai generasi penerus mulai mendapatkan perhatian yang serius.

Walaupun  belum berhasil masuk dalam kategori yang diharapkan,aku sangat bahagia saat ini karena sudah dapat pengalaman yang berharga yang akan menjadi bekal dalam menunaikan tugas mulia sebagai guru SD yang berusaha untuk menjadi guru yang propesional,aku sadar masih banyak kekurangan dan masih jauh untuk menjadi guru propesional yang didinginkan pemerintah,karena sulit juga untuk menyandang gelar guru propesional itu ,perlu perjuangan dan kemauan yang ekstra.

Untuk teman-teman yang masuk kategori kuucapkan selamat  berjuang ,semangat terus menjalani tes yang panjang,semoga jadi pemimpin yang propesional,Amin!



2 komentar:

  1. Oh kutan ibu teh wmulih jibaku rupina !!! kuring mah angot teu payu-payu acan kana pencalonan KS teg geuning emblo tuda benten sareng ibu guru !!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi teu hoyong sakali kali deui ikutan kikituan yg cuma pormalitas wungkul seueur nu teu pas kana hate ah!

      Hapus